Syekh Abdul Hamid Abulung Martapura Memiliki Kemiripan dengan Syekh Siti Jenar di Jawa | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 02 Juni 2022

Syekh Abdul Hamid Abulung Martapura Memiliki Kemiripan dengan Syekh Siti Jenar di Jawa

 


Syekh Abdul Hamid di Abulung Martapura adalah salah seorang Syekh yang terkenal dengan ajaran Wahdatul Wujud nya. Beliau Beliau memiliki beberapa kemiripan dengan Syekh Siti Jenar di tanah Jawa.

Diantara nya adalah beliau berdua memiliki kesamaan keilmuan tasawuf nya. Namun ilmu nya dianggap membahayakan masyarakat awam hingga Datu Abulung dan Syekh Siti Jenar sama sama dihukumi hukuman mati.

Lalu ada juga persamaan kata kata beliau berdua. Syekh Siti Jenar pernah berkata : "Syekh Siti Jenar sesungguhnya tidak ada disini, yang ada hanyalah tuhan sehat". Datu Abulung pun ketika ingin dijemput pihak kesultanan Banjar berkata : "Abu Hamid tidak ada, yang ada hanyalah tuhan".

Beliau berdua adalah ahli tasawuf yang memiliki nasib yang sama. Beliau berdua sama sama di hukum mati karena menebus keyakinan hidup nya, yaitu ajaran Wahdatul Wujud (kesatuan antara makhluk dan pencipta Nya).

Namun yang harus diperhatikan disini adalah, banyak nya buku sejarah yang mengatakan Datu Abulung dihukum mati atas restu Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari (Datu Kalampayan Martapura). Padahal hal itu tidaklah benar.

Padahal Datu Kalampayan tetap meminta Sultan Banjar memutuskan secara bijaksana, bukan langsung memutuskan hukuman mati.

Sumber : buku "Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari" tulisan Abu Daudi, sub judul "Terlibat Dalam Masalah Tasawuf " hal 58

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner